Raisa Alifianoor

Senin, 10 Oktober 2011

PENGERTIAN DATABASE RELATIONAL, MULTIDIMENSIONAL DATABASE, DATA WAREHOUSE, OLTP, DATA MINING DAN ETL

NAMA : RAISA ALIFIANOOR
KELAS : O2
NIM : 11410100084
DOSEN : CHAYADI OKTO

Database Relasional adalah suatu model database yang disajikan dalam bentuk tabel. Model ini diperkenalkan pertama kali oleh E.F. Codd.
Multidimensional database merupakan kumpulan data yang sangat besar, digunakan untuk menganalisa yang orientasinya kepada pembuatan keputusan. Dengan dirancangnya multidimensional database dapat mengintegrasikan sistem data pelaporan, mempercepat proses pelaporan dan mempermudah penyusunan data laporan pendukung pengambilan keputusan.
Data Warehouse merupakan database relasional yang didesain lebih kepada query dan analisa dari pada proses transaksi, biasanya mengandung history data dari proses transaksi dan bisa juga data dari sumber lainnya. Data warehouse memisahkan beban kerja analisis dari beban kerja transaksi dan memungkinkan organisasi menggabung/konsolidasi data dari berbagai macam sumber.

Online Transaction Processing Systems (OLTP) adalah suatu sistem yang memproses suatu transaksi secara langsung(insert,update,delete) melalui komputer yang terhubung dalam jaringan.

ETL sesuai dengan namanya (Extract, Transformation and Load), Extract berarti proses pengambilan data dari sumber data,proses pengambilan data ini tidak mengambil keseluruhan data yang ada di database operasional, melainkan hanya mengambil data-data matang saja.

Data mining merupakan prinsip dasar dalam mengurutkan data dalam jumlah yang sangat banyak dan mengambil informasi – informasi yang berkaitan dengan apa yang diperlukan seperti apa yang biasa dilakukan oleh seorang analis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Raisa's World. Blogger template created by Raisa Alfia Noor 2010-2011