Raisa Alifianoor

Minggu, 16 September 2012

HRM STRATEGIC (RESUME PERT 2)

KONSEP DASAR PENGORGANISASIAN
  • Dalam fungsi pengorganisasian , manajer mengalokasikan keseluruhan sumber daya organisasi sesuai dengan rencana yang telah di buat berdasarkan suatu kerangka kerja organisasi tertentu.
  • Kerangka kerja tersebut dinamakan sebagai Desain Organisasi.
  • Bentuk Spesifik dari kerangka kerja organisasi dinamakan Struktur Organisasi.
EMPAT PILAR PENGORGANISASIAN
  1. Pilar Pertama : Pembagian kerja / Spesialisasi kerja
  2. Pilar Kedua : Pengelompokan Pekerjaan (Departementalization)
  3. Pilar Ketiga : Penentuan relasi  antar bagian dalam organisasi
  4. Pilar Keempat : Penentuan mekanisme untuk mengintegrasikan aktifitas antar bagian dalam organisasi / koordinasi.
DESAIN & STRUKTUR ORGANISASI
  •  Spesialisasi Kerja
  • Departementalisasi : fungsional, produk, geografis, proses, pelanggan
  • Rantai Komando
  • Rentang kendali
  • Spesialisasi dan Desentralisasi
  • Formalisasi
FUNGSI MSDM
  • Fungsi Perencanaan : Perencanaan SDM adalah perencanaan tenaga kerja secara efektif serta efisien agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam membantu terwujudnya tujuan.
  • Fungsi Rekruitmen dan Seleksi : SDM melakukan perekrutan dan seleksi tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Fungsi Pelatihan dan Pengembangan : adalah proses peningkatan keterampilan teknis, teoritis, konseptual dan moral karyawan melalui pendidikan dan pelaihan.
  • Fungsi Keamanan dan Kesehatan : Setiap perusahaan wajib untuk memiliki dan melaksanakan program keselamatan.
  • Fungsi Kompensasi dan Kesejahteraan : Kompensasi adalah pemberian balas jasa langsung dan tidak langsung, uang atau barang kepada karyawan sebagai imbalan jasa yang diberikan kepada perusahaan.
  • Fungsi Penilaian Kinerja : Penilaian kinerja sumber daya manusia merupakan tanggung jawab departemen sumber daya manusia dan para manejer.
  • Fungsi Penelitian : Departemen SDM melakuka analisis terhadap masalah individu dan perusahaan serta membuat perubahan yang sesuai.
  • Hubungan Pekerja : Departemen SDM berperan aktif dalam melakukan negosiasi dan mengurus masalah perstujuan dengan pihak serikat pekerja.
 AKTIFIS HRM
  • HR Professionals
    -strategic work
    -administrative work
  • Line Managers
    -operational HR activities
  • A Partnership
    -HR Proffessionals and line managers perform HRM activities

ASPEK LINI DAN STAFF MSDM
  • Wewenang :
      • Membuat keputusa
      • Mengarahkan Pekerjaan
      • Memberikan Perintah
  •  Line Managers
      • Accomplishing goals
      • Manajer yang diberi wewenang untuk mengarahkan pekerjaan bawahan dan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi
  • Staff Managers :
      • Assisting and advising line managers
      • manajer yang membantu dan menasehati manajer lini
COOPERATIVE LINE AND STAFF HR MANAGEMENT
  1. Tanggung jawab manajer lini adalah untuk menentukan kualifikasi karyawan yang dibutuhkan untuk mengisi jabatan/ posisi tertentu.
  2. Manajer Staff kemudian mengembangkan sumber-sumber pelamar yang memenuhi syarat dan melakukan wawancara penyaringan awal.
  3. Mengelola tes yang sesuai dan menunjuk pelamar terbaik untuk kemudian melakukan wawancara dengan manajer lini.

PERSAMAAN DAN PERBEDAAN PERSONALIA DAN MSDM
  • Persamaan manajemen personalia dan MSDM adalah keduanya merupakan ilmu yang mengatur unsur manusia dalam suatu organisasi, agar mendukung terwujudnya tujuan.
  • Perbedaannya :
      • MSDM dikaji  secara makro(tidak hanya menyangkut suatu proses dan sistem saja, tetapi secara psikologi dan perilaku karyawannya) dan Manajemen personalia dikaji secara mikro
      • MSDM menganggap bahwa karyawan adalah asset (kekayaan) utama organisasi, jadi harus dipelihara dengan baik. Manajemen personalia menganggap karyawan adalah faktor produksi, jadi harus dimanfaatkan secara produktif.
 HRM STRATEGIC CHALLANGE
  • Rencana Strategis :
      • Sebuah rencana perusahaan yang disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan internal perusahaan dan juga dengan peluang dan tantangan eksternal perusahaan untuk mempertahankan keunggulan kompetitif.
  • 3 Tantangan dasar :
      • Kebutuhan untuk mendukung produktivitas perusahaan dari upaya peningkatan kinerja.
      • Memperluas peran karyawan sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
      • Manajer HRD harus terlibat dalam merancang (tidak hanya sebagai pelaksana) rencana strategis perusahaan
TYPES OF STRATEGIC PLANNING
  • Strategi korporasi : untuk mengidentifikasi ramuan bisnis yang akan dimasuki perusahaan.
  • Strategi bersaing tingkat bisnis : mengidentifikasi bagaimana masing-masing bisnis perusahaan akan bersaing.
  • Strategi fungsional : mengidentifikasi bagaimana manufacturing, penjualan dan fungsi lain dari unit akan menyumbangkan kepada strategi bisnis. 
  •  
STRATEGIC HUMAN RESOURCE MANAGEMENT
  •  Strategic Human Resource Management
      • Menghubungkan manajemen sumberdaya manusia dengan tujuan strategis dan sasaran dalam rangka untuk meningkatkan kinerja bisnis dan mengembangkan budaya organisasi yang mendorong inovasi dan fleksibilitas
      • Merumuskan dan melaksanakan sistem sumberdaya manusia (kebijakan dan aktifitasnya), untuk menciptakan kompetensi karyawan dan perilaku organisasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan strategis.

HR'S STRATEGIC ROLES
  • HR profesional harus menjadi bagian dari tim eksekutif perencanaan strategis perusahaan.
      • Mengidentifikasi isu isu yang penting untuk strategi bisnis (yang menghubungkan dengan sumber daya manusia)
      • Membantu membangun dan melaksanakan strategi
      • Memberikan wawasan alternatif



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Raisa's World. Blogger template created by Raisa Alfia Noor 2010-2011