Raisa Alifianoor

Selasa, 04 September 2012

PENGERTIAN MANAJEMEN (RESUME MSDM PERT 1)


Pada perkuliahan Manajemen Sumber Daya Manusia pertemuan pertama masih membahas tentang dasar-dasar manajemen. Manajemen adalah proses merencanakan, mengatur, mengarahkan dan mengontrol untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan. Selain pengertian tersebut, ada beberapa pendapat lain tentang pengertian manajemen, yaitu :

·         Sebagai ilmu (Luther Gullick)
Maksudnya adalah belajar tentang apa dan bagaimana cara mengelola suatu organisasi
·         Sebagai seni (Mary Parker Rollet)
Seni dalam manajemen lebih diartikan bagaimana cara mengatur atau mengarahkan seseorang yang mempunyai watak berbeda.
·         Manajemen sebagai profesi
Menurut Edgar H.S. terdapat 3 kriteria :
1.       Para profesional membuat keputusan atas dasar prinsip-prinsip umum
2.       Para Profesional mendapatkan status karena mencapai standar prestasi kerja
3.       Para profesional ditentukan oleh kode etik, dengan disiplin untuk mereka yang menjadi kliennya
Proses Manajemen
·         Planning : Mendefinisikan tujuan , membangun strategi, dan mengembangkan rencana untuk mengkoordinasikan seluruh kegiatan.
·         Organizing : Menentukan tugas-tugas yang harus dilakukan.
·         Actuating : Memotivasi karyawan, mengarahkan kegiatan orang lain dalam sebuah tim yang baik.
·   Controlling : Proses pemantauan kinerja, membandingkannya dengan tujuan dan mengoreksi setiap penyimpangan yang terjadi secara signifikan.
Dapat disimpulkan :
·         Manajemen selalu diterapkan dalam usaha suatu kelompok manusia.
·         Dalam pengertian manajemen selalu terkandung tujuan tertentu yang akan dicapai oleh kelompok yang bersangkutan.
Perlunya Manajemen :
1.       Mencapai tujuan
2.       Menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan
3.       Mencapai efisiensi dan efektivitas

ü  Efisiensi : Melakukan sesuatu dengan benar     input output
ü  Efektif : Kemampuan untuk memiliki sasaran yang tepat untuk mencapai tujuan
NOTE :
                Produktivitas dan loyalitas karyawan ditentukan oleh kualitas hubungan antara karyawan ditentukan oleh kualitas hubungan antara karyawan dan atasan langsung.

Pengertian Organisasi :
1.       Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian (orang dsb) sehingga merupakan kesatuan yang teratur.
2.       Organisasi adalah sistem sosial yang memiliki identitas kolektif yang tegas, daftar anggota yang terperinci, program kegiatan yang jelas, dan prosedur pergantian anggota.
3.      Organisasi adalah susunan dari beberapa orang yang mempunyai tujuan baik yang berupa keuntungan ataupun tidak.

Keberhasilan Organisasi :
1.       Mampu tidaknya manajer menjalankan fungsi manajemennya
2.       Tersedianya tenaga operasional yang terampil sesuai dengan bidangnya
3.       Tersedianya anggaran yang memadai
4.       Tersedianaya sarana & prasarana kerja
5.       Adanya mekanisme kerja yang sesuai
6.       Iklim kerja yang positif

Pengaruh Lingkungan dalam Organisasi
(Lingkungan Internal dan Eksternal
·         Lingkungan Internal :
-          Pemegang saham
-          Struktur
-          Budaya
-          Sumber Daya
·         Lingkungan Eksternal terbagi menjadi dua :
1.       Lingkungan Eksternal Mikro
§  Pesaing
§  Pemasok
§  Pemerintah
§  Tenaga kerja
§  Pelanggan
§  Lembaga Keuangan
2.       Lingkungan Eksternal Makro
§  Sosiokultural
§  Politik hukum
§  Teknologi
§  Ekonomi

I.                    Lingkungan internal variabel-variabel (kekuatan dan kelemehan) yang ada di dalam organisasi tetapi biasanya tidak dalam pengendalian jangka pendek dari manajemen puncak variabelnya adalah :
a.       Struktur Cara bagaimana perusahaan diorganisasikan yang berkanaan dengan komunikasi, wewenang dan arus kerja.
b.      Budaya Sekumpulan keyakinan, harapan dan nilai yang dipelajari dan dibagikan oleh anggota-anggota organisasi dan disampaikan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
c.       Sumber daya Aset yang merupakan bahan baku bagi produksi barang dan jasa organisasi, meliputi : karyawan, fasilitas organisasi, dll
d.      Pemegang Saham individu / organisasi yang ikut serta memiliki satu atau lebih saham perusahaan

·         Sumber Daya yang ada perusahaan adalah 5M , yaitu :
-          Men
-          Money
-          Machine
-          Methods
-          Materials

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM)
1.       Kebijakan dan praktik yang dibutuhkan sesorang untuk menjalankan aspek "orang" ataus sumber daya manusia dari posisi seorang manajemen, meliputi perekrutasn, penyaringan, pelatihan, pengimbalan dan penilaian.
2.       Rancangan sistem formal dalam sebuah orngaisasi manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan organisasi untuk memastikan penggunaan bakat.

·         Peran Manajemen SDM :
ü  Strategis                      : Sebagai kontributor bisnis
ü  Operasional                 : Mengatur aktifitas SDM
ü  Penasihat karyawan : Petugas moral
ü  Administratif              : Fokus pada pekerjaan administratif


·         Tantangan Manajemen SDM :
ü  Perubahan ekonomi dan teknologi (perubahan sektor industri)
ü  Ketersediaan dan kualitas angkatan kerja (dibutuhkan keterampilan dan pelatihan)
ü  Pertumbuhan angkatan kerja (fleksibilitas pekerjaan)
ü  Persoalan-persoalan demografi (ukuran, struktur dan distribusi penduduk (gender, usia, pendidikan)
ü  Penyeimbangan pekerjaan/keluarga
ü  Penyusunan ulang organisasional dan merger/ akusisi

NAMA : RAISA ALIFIANOOR
NIM : 11410100084

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Raisa's World. Blogger template created by Raisa Alfia Noor 2010-2011